Bimbingan Teknis Penerapan SPM-FP Pondok Pesantren

BIMTEK SPM-FP Pondok Pesantren 27-29 April 2021

 

Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan – KLHK melalui Bidang Standardisasi Pengelolaan telah melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapa Standar Pelayanan Masyarakat pada Pos-pos Fasilitas Publik Pondok Pesantren.
Kegiatan tersebut dibuka oleh Bapak Amrizal Tanjung SS MAS dari Widyaswara Diklat LHK selaku fasilitator bimbingan teknis dan Bapak Ir. Noer Adi Wardojo, M.Sc selaku Kepala Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan pada hari pertama, tepat pukul 08.00 WIB.

Materi hari pertama diawali dengan penyampaian materi ke-1 terkait Kebijakan SPM-FP dari Ibu Yeri Permata Sari, S. Hut., M.T., M.Sc selaku Kepala Bidang Standardisasi Pengelolaan, Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi ke-2 terkait Kebijakan Pondok Pesantren Ramah Lingkungan dari Bapak Winu selaku perwakilan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kemenag. Setelah itu penyampaian materi ke-3 terkait Wawasan Lingkungan dalam Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Ibu Renni Diastuti perwakilan Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kemendikbud. Terakhir, penyampaian materi ke-4 terkait Ruang Terbuka Hijau dari Ibu Kusdamayanti selaku Kepala Balai Diklat LHK Bogor.

Pada hari kedua, terdapat 3 topik materi yang disampaikan oleh Bapak Farhan Helmy dari ASCODI (Advanced System Computing, Design and Innovation). Topik materi yang disampaikan sebagai berikut:
Materi 1: Manajemen Efisiensi Air
Materi 2: Manajemen Efisiensi Energi
Materi 3: Manajemen Efisiensi Material/Bahan dan Manajemen Infrastruktur

Adapun pada hari terakhir, topik materi terkait Manajemen Pengelolaan Sampah disampaikan oleh Saharuddin Ridwan selaku Ketua ASOBSI (Asosiasi Bank Sampah Indonesia)

Total peserta yang mengikuti kegiatan secara daring berjumlah 10 peserta dengan perwakilan 2 orang dari masing-masing Pondok Pesantren. Untuk menambah wawasan terkait SPM-FP Pondok Pesantren, dapat mengunduh link rekaman zoom meeting dan materi pada tautan berikut: Materi dan rekaman BIMTEK SPM-FP Pondok Pesantren

Sumber Berita : http://standardisasi.menlhk.go.id/index.php/2021/05/24/bimbingan-teknis-spm-fp-pondok-pesantren/

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *