Talkshow Session of Indonesia Pavilion COP-26 UNFCCC “Belajar dari Tapak : Kontribusi Gender dalam Menguatkan Standar LHK”

Dalam momen Conference of the Parties (COP) 26 United Nation Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) pada 1-12 November 2021, Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) turut berkontribusi dalam Sesi Talkhsow – Webinar di Paviliun Indonesia.

Mendukung tema COP26 “Leading Climate Actions Together: Indonesia FOLU Net Sink 2030”, BSILHK menggelar talkshow bertema “Belajar dari Tapak: Kontribusi Gender dalam Menguatkan Standar LHK”. Kegiatan ini akan diselenggarakan secara hybrid pada Selasa, 2 November 2021, pada pukul 09.00 – 10.20 WIB bertempat di Auditorium Manggala Wanabakti, Jakarta dan melalui saluran virtual Zoom dan Youtube.

Dalam momen COP-26 UNFCCC pada 1-12 November 2021 ini, perihal gender dan standar lingkungan hidup dan kehutanan (LHK) dipandang sangat relevan diperbincangkan. Persoalan bagaimana gender berperan dalam menguatkan standar-standar LHK di lapangan, serta sinergisitas keduanya berkontribusi pada upaya-upaya pengendalian perubahan iklim akan sangat menarik dibahas dalam forum internasional tersebut.

Untuk itu, dalam talkshow ini akan diperbincangkan 4 isu yakni usaha kehutanan HHBK-bambu, kantor ramah lingkungan, agroforestri, serta verifikasi legalitas kayu. Keempat isu tersebut akan disampaikan oleh narasumber Desy Ekawati, S.Hut., M.Sc. (KANOPPI-2), Priyo Kusumedi, S.Hut., M.P. (BP2TSTH Kuok), Aulia Perdana, M.Sc. (ICRAF), dan Dr. Luluk Setyaningsih (Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa-Bogor).

Dalam talkshow yang dimoderasi oleh Dr. Ir. Titiek Setyawati, M.Sc. (Pustarhut, BSILHK), acara ini akan menyajikan pembelajaran di lapangan tentang peran dan kontribusi gender dalam kegiatan sektor LHK. Ini terutama dalam hal mengimplementasikan standar-standar LHK dalam kegiatan pengelolaan SDA. Selain juga kontribusi gender dalam memberikan feedback yang nyata bagi perbaikan standar-standar LHK di masa depan, termasuk dalam pengendalian perubahan iklim. Kegiatan ini diharapkan dapat meramu pembelajaran-pembelajaran dari tingkat tapak sebagai masukan yang konstruktif bagi penguatan standar LHK nasional.

Materi Webinar :

  1. Desy Ekawati, S.Hut., M.Sc. (KANOPPI-2)
  2. Priyo Kusumedi, S.Hut., M.P. (BP2TSTH Kuok)
  3. Aulia Perdana, M.Sc. (ICRAF)
  4. Dr. Luluk Setyaningsih (Fakultas Kehutanan Universitas Nusa Bangsa-Bogor).

 

 

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *