Pemerintah Dan Dunia Usaha Kerja Bersama Rehabilitasi DAS Di Perbukitan Menoreh, Jawa Tengah

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama dengan para pemegang Persetujuan Penggunaan Kawasan Hutan (PPKH), melakukan rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS) di perbukitan Menoreh, Jawa Tengah.

Kick-off penanaman dalam rangka Rehabilitasi DAS dilaksanakan pada Minggu (28/11/2021) yang bertepatan juga dengan peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2021.

Hadir pada kegiatan ini, mewakili Menteri LHK yaitu Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDAS-RH), KLHK, Helmi Basalamah.

Dalam sambutannya, Helmi menyampaikan bahwa, secara keseluruhan kelima pemegang PPKH akan menanam seluas 1.656 Ha yang tersebar pada 13 Desa di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, serta Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta.

“Tujuan yang paling utama dari kegiatan ini adalah untuk memulihkan lingkungan, khususnya untuk menjaga menara air alami, meningkatkan produktifitas masyarakat, mendukung daerah wisata borobudur, menambah tutupan hutan, mitigasi bencana dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” terang Helmi.

Helmi menerangkan lebih lanjut bahwa jumlah bibit yang akan tertanam sebanyak 901.955 batang, terdiri dari jenis tanaman MPTS (Multi Purpose Trees Spesies) diantaranya durian, alpukat, kelengkeng, manggis, dan sejenisnya, serta tanaman yang mendukung tata air seperti jambu air, gayam, dan sebagainya.

Kegiatan penanaman rehabilitasi DAS di kawasan perbukitan Menoreh ini akan berlangsung selama minimal 3 tahun, dan diperkirakan akan menyerap tenaga kerja sebesar 87.439 HOK.(*)
______________
Jakarta, KLHK, 28 November 2021

Sumber Berita :

www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *