Gedung Manggala Wanabakti Blok VII lantai X, Jl. Gatot Subroto Jakarta
021 – 57903068 ext. 737
bsilhk@menlhk.go.id

Bersama Kepala BSILHK, Jalan Pagi Membangun Spirit Baru

Jalan bersama pagi itu, membuka spirit baru. Spirit standar untuk lingkungan hijau dan hutan lestari.  Sambil membangun kapal – BSILHK mulai meninggalkan pelabuhan untuk berlayar.

[BSILHK]_Salah satu syarat mutlak untuk dapat menjalankan tugas dengan baik adalah keikhlasan untuk bekerja sama. Demikian pesan penting Ary Sudijanto, Kepala Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK), dalam arahannya kepada jajaran BSILHK pada acara jalan pagi di Kompleks Perkantoran BSILHK, Bogor, Jumat (7/1/22).

“Kalau kita bisa melaksanakannya, Insyaa Allah bisa mencapai yang dicita-citakan,” tegas orang nomor satu di BSILHK ini.

Kepala Badan Ary, bersama jajaran Sekretariat dan Pusat lingkup BSILHK melaksanakan jalan pagi keliling kompleks perkantoran BSILHK di Jl. Gunung Batu, Bogor.  Fasilitas laboratorium dan galeri seperti Herbarium Botani Hutan, Teras Inovasi, Laboratorium INTROF-CC (Indonesian Tropical Forests Culture Collections), dan Galeri FORPRO menjadi beberapa lokasi yang disinggahi dan mendapat perhatian Kepala Badan dari dekat.

Suasana santai dan ceria mewarnai jalan pagi ini. Obrolan ringan dan foto bersama mengiringi acara ini. Kepala Badan Ary terlihat bersemangat mengamati koleksi dan produk-produk di setiap lokasi yang disinggahi.  Seperti saat mengamati koleksi herbarium rotan di Botani Hutan, sambil tertawa ringan Ia bertanya kepada petugas laboratorium,”bisa macanya teu?” ketika melihat legenda koleksi masih berbahasa Belanda. Dengan tersenyum lebar pertanyaan itu dijawab oleh petugas,”bisa Pak”.

Di Laboratorium INTROF-CC, saat mendengar penjelasan produk gaharu hasil rekayasa riset, Kepala Badan Ary juga sangat bersemangat. Nilai ekonomi gaharu yang sangat tinggi cukup membuatnya terkesima. Profesor Riset Maman Turjaman, menyampaikan harapannya bahwa nanti peran BSILHK salah satunya adalah menstandarkan inokulan dan produk gaharunya.

Saat mengamati produk olahan limbah batang sawit dan kelapa di Galeri FORPRO, dengan antusias Kepala Badan Ary bertanya,”sudah ditangkap sama dunia usaha, belum?”. Menurut Plt. Kepala Pusat Standardisasi Instrumen Pengelolaan Hutan Berkelanjutan, Wening Sri Wulandari, sebelumnya sudah pernah dilakukan uji produksi untuk produk parkit di Semarang, termasuk membuka kerja sama dengan Pekerjaan Umum untuk menggunakan produk-produk olahan limbah batang sawit dan kelapa untuk pengembangan perumahan sederhana.

Laboratorium dan galeri tersebut, menurut Kepala Badan Ary merupakan potensi dan modalitas sangat besar untuk melaksanakan tugas di BSILHK.  “Modalitas ini mudah-mudahan bisa kita manfaatkan untuk kemajuan bangsa,” tegasnya.

Jalan pagi ini diikuti oleh sekitar 120 pegawai lingkup Sekretariat dan Pusat BSILHK. Melalui acara ini Kepala Badan Ary berharap dapat mempererat kerja sama seluruh entitas BSILHK.

Acara ini mendapat apresiasi dari Analis Kebijakan Ahli Utama BSILHK, Djati Witjaksono Hadi. “Acara ini dapat meningkatkan imunitas dan meningkatkan kesehatan bersama,” ujar analis yang pernah menjadi Koordinator Senam Pagi di Manggala Wanabakti ini.  Djati bahkan mengajak agar senam pagi juga bisa dilaksanakan setiap Jumat di lingkup BSILHK.

Terkait arahan untuk bekerja sama, Djati menyampaikan bahwa hal yang sama juga ditekankan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN). Para pejabat fungsional analis kebijakan agar mengoptimalkan peran dan juga kerja samanya dengan dengan jabatan fungsional lain untuk mendukung institusi.  Harapan yang sama disampaikan juga oleh Raden Deden Djaenudin, staf pada Pusat Standardisasi Instrumen Ketahanan Bencana dan Perubahan Iklim. Menurut Deden, saling mendukung, koordinasi, dan kerja sama perlu terus ditingkatkan dalam proses transisi BSILHK ini.

Usai jalan pagi, terlihat Kepala Badan Ary sedang membuka-buka surat-surat masuk di mejanya, memberikan catatan-catatan disposisi untuk ditindaklanjuti para Eselon IInya. Salah satu tim media mengetuk pintu, “selamat pagi Pak Kabadan”. Dengan tersenyum, Kepala Badan menjawab, “sini…..”. Person media, “izin mau ngambil foto Bapak di outdoor“. “Ayo. Di mana? Di luar ya…?” jawab Kepala Badan Ary semangat. Pagi itu, menyenangkan bagi tim media.

Menyambut semangat itu, Sekretaris BSILHK, Nur Sumedi akan mencoba mengalokasikan waktu untuk secara berkala untuk menyelenggarakan momen kebersamaan seperti jalan pagi ini.  Kegiatan ini merupakan salah satu sarana untuk terus membangun sinergisitas seluruh unsur institusi dalam melaksanakan tugas-tugas di BSILHK.

Penulis: Dyah Puspasari
Editor: Yayuk Siswiyanti

 

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published.