Laporan Kinerja Badan Standardisasi Instrumen LHK 2021

Laporan Kinerja Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BSILHK) tahun 2021 ini merupakan pertanggungjawaban atas pencapaian kinerja Badan Litbang dan Inovasi (BLI) sekaligus pencapaian kinerja pada masa transisi BSILHK untuk pemenuhan akuntabilitas atas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BSILHK pada tahun 2021. Sebagai organisasi baru dimana modalitas BSILHK berasal dari BLI dan Pusat Standardisasi Lingkungan dan Kehutanan, BSILHK merupakan salah satu unit Eselon I Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi dan perumusan, pengembangan, serta penerapan standar dan penilaian kesesuaian standar instrumen di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Hal ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri LHK Nomor 15 Tahun 2021 tanggal 1 Juli 2021 Tentang Susunan Organisasi dan Tata kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Peraturan Menteri LHK Nomor 26 Tahun 2021 tanggal 26 Desember 2121 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis BSIHK.

Pada tahun 2021 dimana masa transisi BSILHK, Sasaran Program BSILHK masih mengacu pada Sasaran Program BLI yang bekerja dalam 5 (lima) sasaran program yaitu penguatan iptek bidang lingkungan hidup, peningkatan iptek nilai tambah hasil hutan, terkelolanya kawasan hutan dengan tujuan khusus untuk litbang, tersedianya produk litbang lingkungan hidup dan kehutanan yang inovatif dan implementatif, serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, respons dan berpelayanan prima. Namun demikian, untuk menjembatani antara pergantian nomenklatur organisasi maka diambil kebijakan untuk melakukan kegiatan persiapan-persiapan pembangunan standar seperti identifikasi kebutuhan standar, pemetaan standar, pemetaan para pihak sasaran implementasi standar atau inisiatif-inisiatif kegiatan terkait standardisasi.

Berdasarkan hasil pengukuran kinerja, kinerja BSILHK tahun 2021 mencapai 99,51%. Capaian tersebut menggambarkan peran BLI dalam memberikan dukungan iptek yang diperlukan dalam pencapaian Sasaran Strategis dan Sasaran Program Eselon I KLHK. Selain itu, sebagai bentuk pertanggungjawaban perubahan nomenklatur dari BLI menjadi BSILHK, BSILHK melakukan kegiatan-kegiatan pembangunan standar sehingga Laporan Kinerja ini juga menampilkan beberapa capaian penting dan kegiatan yang telah dilakukan pada masa transisi BSILHK pada tahun 2021.

Laporan ini merupakan media untuk melakukan evaluasi dan merumuskan tindak lanjut perbaikan-perbaikan kinerja yang penting dilakukan dalam rangka peningkatan kinerja. Hasil evaluasi kinerja sebagaimana tertuang dalam laporan ini selanjutnya akan menjadi pembelajaran dalam upaya-upaya nyata peningkatan akuntabilitas kinerja BSILHK tahun 2022 sebagai entitas baru Badan Standar yang siap memberikan kontribusi nyata untuk mempersiapkan standar baku dan mutu mencakup kualitas lingkungan, ketahanan bencana dan perubahan iklim, serta pengelolaan hutan berkelanjutan, menjangkau produksi, pengendalian dan pengawasan mutu, registerisasi, pengujian, sertifikasi, akreditasi, lisensi dan labelisasi serta memastikan implementasi standar melalui pengawasan dan surveilans. Akhir kata,semoga laporan ini dapat memenuhi akuntabilitas yang diharapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta masyarakat atas mandat yang diemban BSILHK.

Download LKJ BSILHK Tahun 2021

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *