Kunjungi TN Lore Lindu, Wamen LHK Harapkan Ekowisata Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Alue Dohong melakukan kunjungan kerja ke kawasan Taman Nasional (TN) Lore Lindu, Sulawesi Tengah (9/3/2022). Wamen Alue Dohong meninjau lokasi wisata alam Danau Tambing atau Rano Kalimpaa di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah yang termasuk dalam kawasan TN Lore Lindu.

Di Danau Tambing ini, Wamen Alue Dohong juga meresmikan jalur treking sejauh 2 km yang dapat digunakan pengunjung untuk berkeliling. Wamen Alue Dohong pada kesempatan ini menyampaikan kepada para pemangku kepentingan yang hadir bahwa tempat wisata alam dapat digunakan sebagai forest healing tourism.

“Pengunjung dapat menghirup udara segar dan dapat menenangkan pikiran di lokasi wisata alam,” terang Wamen Alue Dohong.

Namun, adanya lokasi wisata alam diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya. Menurut Wamen Alue Dohong, pemberdayaan masyarakat ini juga merupakan pagar sosial yang akan turut menjaga kelestarian hutan.

“Masyarakat di sekitar lokasi wisata alam dapat dilatih dan diberdayakan untuk bermata pencaharian sebagai pemandu wisata misalnya, juga pengelolaan homestay untuk pengunjung, jadi masyarakat harus merasakan manfaat dari adanya TN dan wisata alam,” ungkap Wamen Alue Dohong.

Terdapat sekitar 56 Desa yang berada di sekitar TN Lore Lindu. Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara Balai Besar TN Lore Lindu dengan pemerintah daerah Kabupaten Poso. Kerjasama ini bertujuan untuk menguatkan sinergitas pengelolaan TN Lore Lindu agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Turut mendampingi Wamen LHK pada kunjungan kerja kali ini antara lain, Staf Ahli Menteri LHK bidang Energi, Tenaga Ahli Menteri LHK bidang Pengembangan Generasi Muda dan Pramuka, Direktur Penyiapan Kawasan Perhutanan Sosial, Plt. Direktur Perencanaan Kawasan Konservasi, para Kepala UPT KLHK di Sulawesi Tengah serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dan Bupati Poso.(*)
____

Sumber Berita :
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *