Semangat Perayaan Hari Bhakti Rimbawan Di Timur Indonesia

Keluarga Besar Rimbawan Biak Numfor dari P3E Papua, KPHL Biak, Taman Burung dan Taman Anggrek Biak, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Biak Numfor, serta Seksi Konservasi Wilayah III Biak, BBKSDA Papua mengikuti upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke 39 dengan inspektur upacara Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya secara virtual pada hari Rabu, 16 Maret 2022. Upacara tersebut merupakan puncak peringatan hari bakti rimbawan yang mengusung tema “ Rimbawan Menjaga Lingkungan, Mendukung Sukses Presidensi G20 Indonesia”.

Rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan di Biak telah dilakukan sejak tanggal 7 Maret 2022 dengan diawali dengan berbagai macam pertandingan seperti gawang mini, catur dan domino dilanjutkan dengan lomba karya tulis ilmiah, lomba foto alam, lomba mewarnai satwa, jalan santai dan senam pagi.

Selain itu juga dilaksanakan aksi penanaman pohon dan pelepasliaran satwa yang dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Biak Numfor, sekolah dan elemen masyarakat di Kampung Ruar, Bosnik. Pendidikan lingkungan untuk generasi muda juga disisipkan dalam rangkaian peringatan melalui lomba pengenalan flora dan fauna.

Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua Edward Sembiring mengucapkan terimakasih kepada Para Rimbawan yang ada di Tanah Papua khususnya di Biak yang telah bekerja keras.

“Begitu juga kepada rekan-rekan Panitia Perayaan Hari Bakti Rimbawan ke 39 di Tahun 2022 ini, semoga melalui momen perayaan ini meningkatkan jiwa korsa rimbawan untuk membangun hutan dan lingkungan hidup di Tanah Papua serta dapat menjadi pemicu terciptanya green leadership di Tanah Papua,” kata Edward.

Kepala UPTD Taman Burung dan Taman Anggrek Biak, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua John Mampioper menyampaikan harapannya melalui lomba pengenalan flora dan fauna yang diadakan di Taman Burung dan Taman Anggrek Biak ini.

“Bahwa taman burung dan taman anggrek Biak selain sebagai tempat konservasi eksitu juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan sarana edukasi untuk masyarakat di kabupaten Biak Numfor,” harapnya.

Sementara Kepala KPHL Biak Meilanny M. Lea  meyatakan bahwa para rimbawan yang berada di wilayah KPH memiliki tantangan dalam mendampingi masyarakat, memfasilitasi mereka agar masyarakat sekitar hutan dapat memanfaatkan, mengelola potensi hutan yang ada.

“Saya berharap dan mengajak para rimbawan tetap semangat untuk terus bekerja melayani dan membina masyarakat, mengubah pola pikir masyarakat agar tidak hanya berusaha menjaga hutan tetapi juga mencintai alam dan lingkungan,” tambah Meilanny.

Puncak rangkaian peringatan Hari Bakti Rimbawan ditandai dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah berbagai pertandingan dan lomba yang dilakukan sebelum pelaksanaan upacara sebagai akhir dari peringatan hari bakti rimbawan ke-39 tahun ini. Dengan peringatan ini diharapkan para rimbawan terus bahu-membahu untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan kehutanan yang ada di Papua sebagai titipan dari anak cucu kita di masa depan nanti.

_____________

Sumber Berita :
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *