Ir. Ary Sudijanto, MSE

Ary Sudijanto adalah Kepala Badan Standardisasi Instrumen Standardisasi Lingkungan Hidup dan Kehutanan (ASEFI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sejak Desember 2021. Berpengalaman 30 tahun dimulai sebagai konsultan teknik lingkungan, kemudian menjabat sebagai pejabat yang membawahi pengelolaan limbah B3, dan pengendalian pencemaran sektor manufaktur perdagangan dan jasa. Sejak 2008 hingga 2021 Ary menjabat sebagai Direktur Pengendalian dan Pencegahan Dampak Lingkungan di KLHK yang menangani AMDAL di Indonesia.

Ary meraih gelar Master di bidang Teknik Lingkungan dari University of Michigan, Ann Arbor, Amerika Serikat.  Gelar sarjana diraihnya dari Institut Teknologi Surabaya (ITS).  Lahir pada 11 Oktober 1968. Menempuh pendidikan dasar dan menengah di Bandung.

Sejak tahun 1993, ayah dua putera ini  telah mengikuti berbagai kursus nasional dan internasional yang berkaitan dengan lingkungan. Beberapa di antaranya adalah Integrating Climate Change into Environmental Impact Assessment yang diselenggarakan oleh International Association Impact Assessment (IAIA), Kursus Hukum Lingkungan yang diselenggarakan oleh Institut Van Vollenhoven, Universitas Leiden, Institut Metro, Universitas Maastricht, serta berbagai kursus pengelolaan limbah berbahaya dan polusi udara.

Sebagai kepala BSILHK, Ary ditugaskan sebagai national focal point (NFP) forum ASEAN Senior Officials on Environment (ASOEN), yaitu sebagai ASOEN Chair Indonesia, selain NFP ASEAN Working Group on Forest Product Development ( AWGFPD), Asian Forest Cooperation Organization (AFoCO) dan forum International Organization for Standardization (ISO), serta sebagai anggota Board of Trustees CIFOR-ICRAF. Terkait pengurangan emisi gas rumah kaca untuk mengendalikan perubahan iklim melalui program Indonesia’s FOLU Net Sink 2030, Ary bertanggung jawab sebagai anggota Tim Pengarah program tersebut. Tim pengarah berperan memandu implementasi, arah kebijakan, pemecahan masalah, pengembangan kebijakan, dan inovasi dalam FOLU Net Sink Indonesia 2030.

Mulai akhir 2022, Ary juga mengemban tugas sebagai Ketua Satgas Transisi Percepatan Proses Persetujuan Lingkungan dalam Rangka Mendukung Pelaksanaan Perizinan Berusaha.

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *