KLHK Kelola Generasi Muda Membangun Social Entrepreneurship Pengelolaan Sampah

Generasi muda berperan penting di dalam pencapaian target zero waste dan zero emission. Peran strategis tersebut dapat ditempuh melalui pendekatan inovasi membangun start up pengelolaan sampah yang semakin digemari masyarakat. Pendekatan social entrepreneurship ini menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sekaligus manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan yaitu ekonomi sirkular.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3, Rosa Vivien Ratnawati pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Jakarta (21/2) menekankan hal tersebut. “Dalam beberapa tahun terakhir, telah banyak bermunculan pelaku usaha yang terjun di sektor sampah. Usaha bisnisnya pun tidak hanya berorientasi pada profit semata, namun juga menekankan faktor lingkungan dan pelibatan masyarakat,” ujar Vivien.

Dinamika perkembangan social entrepreneurship dilakukan melalui berbagai inovasi pemanfaatan sistem digital atau yang dikenal sebagai start up (usaha rintisan). Usaha rintisan tersebut mengoptimalkan kemajuan teknologi untuk menjalankan bisnis dengan memberikan solusi atas berbagai persoalan di masyarakat secara cepat, tepat, dan mudah.

Vivien mengungkapkan hingga Januari 2023, telah teridentifikasi 209 pelaku usaha social enterpreunership yang bergerak di bidang pengurangan dan penanganan sampah di Indonesia. Antara lain toko curah (bulkstore), bisnis refill, bisnis reuse, waste collection and recycle, dan bisnis upcycle.

“Selain itu, tumbuh pula bisnis yang fokus dalam inovasi produk alternatif pengganti plastik.  Hal ini semakin menegaskan bahwa upaya pengurangan sampah tidak hanya berdampak terhadap lingkungan tetapi juga menciptakan peluang usaha atau bisnis, lapangan pekerjaan dan juga perubahan perilaku di masyarakat,” kata Vivien antusias.

Kementerian LHK memandang bahwa bonus demografi anak muda dengan usia produktif akan mampu membantu Indonesia mencapai masa keemasan di masa depan. Oleh karena itu, peringatan HPSN diisi dengan kegiatan yang melibatkan anak muda melalui acara dialog dengan tajuk “Peran Anak Muda Membangun Socioentrepreneurship dalam Pengelolaan Sampah”.

“Saya berharap acara dialog ini dapat memberikan gambaran umum kepada para anak muda mengenai praktek bisnis di bidang pengelolaan sampah yang menyelaraskan aspek profit, people dan planet. Forum ini juga diharapkan bisa mendiskusikan peluang dan tantangan bisnis social-enterpreunership sehingga dapat menjadi pemantik sekaligus inspirasi generasi milenial membudayakan gaya hidup minim sampah melalui wirausaha sosial pengelolaan sampah,” harap Vivien.

Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2023 ini menjadi babak baru pengelolaan sampah di Indonesia menuju Zero Waste, Zero Emission. Dengan mengusung tema “Tuntas Kelola Sampah Untuk Kesejahteraan Masyarakat” dilakukan kegiatan yang berfokus pada pengelolaan sampah yang dapat memberikan kontribusi nyata dalam upaya mencapai target zero emisi.

Seluruh rantai nilai pengelolaan sampah dioptimalkan dengan Extended Producer Responsibility (EPR), pendekatan gaya hidup minim sampah, serta mengembangkan bank sampah. Industrialisasi penanganan sampah turut dikembangkan melalui pendekatan sampah sebagai bahan baku daur ulang, melakukan penguatan pemenuhan kebutuhan bahan baku dalam negeri untuk usaha daur ulang khususnya sampah terpilah plastik dan kertas, hingga pemanfaatan sampah sebagai sumber energi alternatif seperti waste to electricity atau waste to biogas.

Pada peringatan HPSN 2023 turut dilakukan penyambutan tim sepeda Jelajah Bersih Negeri yang telah berlangsung sejak dari Bali pada 8 Februari 2023 hingga mencapai Jakarta. Berbagai praktik terbaik pengelolaan sampah di tiap kota yang dikunjungi telah didokumentasikan dan diharapkan dapat menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia.

__

Sumber Berita :
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/7046/klhk-kelola-generasi-muda-membangun-social-entrepreneurship-pengelolaan-sampah

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *