Peningkatan Kinerja Pengelolaan APBN Untuk Optimalisasi Pelaksanaan Anggaran

Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua melaksanakan kegiatan Peningkatan Kinerja Pengelolaan APBN di Jayapura, Rabu (17/05/2023). Acara yang dibuka oleh Kepala P3E Papua Edward Sembiring ini dihadiri oleh seluruh UPT KLHK Regional Papua.

Dalam sesi paparan, Inspektur Wilayah III Inspektorat Jenderal KLHK, Moh Noor Andi Kusumah mengatakan dalam rangka perwujudan tata kelola APBN yang efektif, efisien, dan kredibel, diperlukan strategi dalam rangka peningkatan kualitas pengelolaan keuangan negara.

Andi melanjutkan bahwa berdasarkan laporan hasil pengawasan tahun anggaran 2022 ditemukan beberapa hal yang perlu ditingkatkan dalam bidang keuangan pada satuan kerja daerah lingkup provinsi Papua, yang dikelompokkan dalam tiga hal yaitu Penatausahaan Barang Milik Negara, Administrasi pengelolaan keuangan, kelebihan Pembayaran Belanja Pegawai hingga kelebihan pembayaran suatu pekerjaan.

“Satuan kerja harus melakukan evaluasi secara berkala terhadap sistem pengelolaan keuangan pemerintah dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas,” kata Andi.

Pemateri dari Kanwil Direktorat Jenderal Anggaran Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua yaitu Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Mohammad Arief Barata menyampaikan bahwa Peraturan Dirjen Perbendaharaan tentang Petunjuk Teknis Penilaian IKPA Kementerian Lembaga bertujuan untuk mendorong terwujudnya belanja berkualitas melalui akselerasi belanja dan pencapaian output dan peningkatan kualitas dan disiplin pengelolaan fiskal melalui monev kinerja PA yang berkesinambungan. Arief juga menjelaskan bahwa untuk meningkatkan optimalisasi IKPA diperlukan strategi antara lain mereviu rencana kegiatan secara periodik dan prognosis penyerapan anggaran serta menyusun rencana penarikan dana masing-masing jenis belanja.

“Strategi optimalisasi lain yaitu mengajukan revisi halaman III DIPA sebelum batas akhir cut off RPD triwulanan dalam rangka penilaian IKPA dan melakukan pengendalian pencairan anggaran sesuai RPD,” jelas Arief saat pemaparan.

_________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *