Kinerja Pengelolaan Kepegawaian KLHK Tahun 2022 Raih Apresiasi BKN

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendapatkan apresiasi atas pengelolaan kinerja kepegawaian tahun 2022 dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada ajang BKN Award 2023 dalam rangkaian penyelenggaraan Rapat Koordinasi Nasional Kepegawaian Tahun 2023 (Rakornas Kepegawaian 2023) bertempat di Bandung, Jawa Barat (30/05/2023).

KLHK meraih 3 penghargaan dalam Kategori: (1) Kategori Utama Implementasi NSPK Manajemen ASN Terbaik, (2) Peringkat 5 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian, (3) Peringkat 5 Kategori Penerapan Pemanfaatan Data-Sistem Informasi dan CAT. Mewakili Sekretaris Jenderal KLHK, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, Gun Gun Hidayat, menghadiri Rakornas Kepegawaian tersebut.

Rakornas Kepegawaian ini dibuka secara resmi melalui virtual oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Ma’ruf Amin. Dalam arahannya, Wapres Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa Rakornas ini dapat menjadi forum strategis untuk melahirkan gagasan segar dari pemangku kepentingan bagi pengembangan ASN ke depan, terlebih dengan pilihan tema manajemen talenta menjadi sangat relevan dengan agenda transformasi pembangunan menuju Indonesia emas 2045.

“Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan arahan: 1) Perkuat langkah kolaborasi dalam mewujudkan peta jalan kebijakan manajemen talenta nasional, 2) Rumuskan langkah kongkrit yang bersifat terobosan, utamanya aspek regulasi yang sekiranya belum selaras dengan manajemen talenta di semua tingkatan, 3) Talenta birokrat yang telah dipetakan dan dibina secara khusus agar dibekali visi dan semangat pencegahan dan pemberantasan korupsi penyalahgunaan kewenangan serta pola hidup sederhana, 4) Kebijakan manajemen talenta nasional juga memperhatikan peran strategis ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa, 5) ASN senantiasa bersikap netral dan profesional dalam menunaikan tugas-tugas birokrasi sesuai peran dan tanggung jawabnya” ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

BKN merupakan lembaga pemerintah nonkementerian yang diberi kewenangan melakukan pembinaan dan menyelenggarakan Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) secara nasional. Pada ajang tersebut BKN mengundang seluruh Sekretaris Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota.

Penghargaan BKN Award 2023 diberikan sebagai apresiasi dan dukungan kepada instansi pemerintah dalam pelaksanaan manajemen ASN selama tahun 2022 sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Rakornas Kepegawaian dan penganugerahan BKN Award 2023 ini diharapkan menjadi pemicu peningkatan kualitas pengelolaan ASN di seluruh instansi pemerintah. Komitmen peningkatan kualitas pengelolaan ASN merupakan bagian dari agenda strategis nasional dalam mewujudkan reformasi birokrasi yakni pemerintahan kelas dunia di tahun 2024.(*)
_____________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *