SIMPEG New Version, Transformasi Digital Dan Otomatisasi Layanan Kepegawaian KLHK

Peningkatan efektivitas dan efisiensi melalui pemanfaatan teknologi digital kini merambah berbagai aspek dan bidang, tidak terkecuali manajemen kepegawaian. Di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) New Version menjadi sistem informasi untuk pengelolaan administrasi bidang kepegawaian berbasis digital.

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono menyampaikan SIMPEG New Version ini merupakan bagian dari penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) sebagaimana diamanatkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Oleh karena itu, SIMPEG New Version ini juga bagian dari transformasi digital secara terkoordinasi dan berkesinambungan dalam rangka mengembangkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Lebih lanjut, Bambang mengatakan SIMPEG New Version merupakan komitmen Sekretariat Jenderal dalam mendukung dan menyelenggarakan pelayanan kepegawaian dan organisasi yang lebih berkualitas dalam kerangka implementasi SPBE sebagai bagian dari dukungan manajemen untuk pencapaian kinerja KLHK.

“Dengan hadirnya SIMPEG New Version, maka seluruh layanan kepegawaian dan organisasi akan diwujudkan dalam bentuk otomasi sehingga menciptakan layanan yang efektif, efisien, termonitor dengan real time dan mampu menyajikan data statistik yang informatif dan berkelanjutan,” ujar Bambang pada acara Soft Launching SIMPEG New Version di Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Soft Launching SIMPEG New Version ini merupakan penanda awal untuk proses-proses lanjutan. SIMPEG akan terhubung langsung dengan sistem kepegawaian nasional yaitu SIASN dan berbagai produk kepegawaian lainnya di BKN. 

SIMPEG New Version juga akan menjadi integrator bagi aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP) yang dikelola Kementerian Keuangan dan SIKADIR yang merupakan sistem absensi dan e-kinerja lingkup KLHK .

“Fokusnya pada pengembangan agar tercipta keandalan, keterpakaian, dan keteraksesan SIMPEG, yang pada gilirannya selain meningkatkan kualitas data dan informasi kepegawaian, juga akan meningkatkan kualitas belanja pegawai yang lebih efisien dan akurat berbasis pada profil pegawai, kinerja dan kehadiran,” kata Bambang.
 
Acara hari ini dirangkai dengan diskusi yang menghadirkan tiga narasumber. Pertama, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Edi Sulistyo dengan materi Kebijakan SPBE serta Sistem Data dan Informasi (SDI) KLHK. Kedua, Plt. Kepala Biro Umum, Samidi yang menyampaikan materi tentang Pengelolaan Belanja Pevawai pada Aplikasi Gaji PNS Pusat. Ketiga, Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, Gun Gun Hidayat yang memaparkan tentang Peningkatan Keandalan, Keterpakaian, dan Keteraksesan SIMPEG, dalam rangka mencapai kualitas manajemen ASN untuk efisiensi belanja pegawai.

Turut hadir pada acara ini Kepala Badan P2SDM Kementerian LHK, Ade Palguna Ruteka, Sekretaris Direktorat Jenderal dan Sekretaris Badan lingkup KLHK, Kepala Biro dan Pusat lingkup Setjen KLHK. Kegiatan ini juga diikuti secara daring dan luring oleh para Direktur, Kepala Unit Pelaksana Teknis, Kepala Bagian yang membidangi kepegawaian dan SDM serta operator SIMPEG lingkup KLHK.

____________________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel