Bersama Masyarakat, KLHK Tanam 1.000 Pohon Di Kalbar

KLHK melakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk melakukan penanaman pohon disepanjang musim penghujan 2023/2024.

Salah satu titik lokasi penanaman serentak kali ini yaitu di wilayah kerja BPDAS Kapuas, tepatnya di Dusun Parit Baru, Desa Wajok hulu, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimatan Barat. Penanaman dipimpin oleh Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono dan Pj. Gubernur Kalbar Harisson pada Sabtu, (30/12).

Pada kesempatan tersebut, Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menyerahkan Petikan SK Menteri LHK tentang Green Ambassador dan membacakan sambutan Menteri LHK pada acara penanaman pohon serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Penanaman pohon di Kalbar dilakukan pada areal seluas 1 hektar, dengan jumlah peserta lebih dari 400 orang. Peserta yang terlibat meliputi instansi pemerintah, badan usaha, kelompok masyarakat, pelajar, masyarakat perorangan yang berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Kubu Raya, serta generasi muda khususnya para Green Ambassador dari Kalbar.

Secara keseluruhan bibit yang ditanam berjumlah 1.000 batang, yang terdiri dari berbagai jenis seperti sengon, jambu kristal, jambu air, jelutung, matoa, durian, nangka, dll. Bibitnya berasal Persemaian Permanen BPDAS KAPUAS dan Kebun Bibit Rakyat.

Sekjen KLHK Bambang Hendroyono menyampaikan maksud kegiatan ini untuk menggerakkan seluruh pihak dalam memdukung upaya rehabilitasi hutan dan lahan. Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai pencanangan awal kegiatan penanaman pohon dalam rangka rehabilitasi hutan dan lahan oleh semua masyarakat diseluruh Indonesia.

“Alhamdulillah hari ini telah terlaksana dengan lancar penanaman pohon serentak diseluruh Indonesia Khususnya provinsi Kalimantan Barat pada wilayah kerja BPDAS Kapuas,” ujar Bambang usai penanaman.

Selanjutnya, Bambang menyampaikan akan dilaksanakan pemeliharan atas tanaman hasil kegiatan penanaman serentak ini. KLHK juga akan melanjutkan kegiatan penanaman di seluruh lokasi rehabilitasi hutan dan lahan telah ditetapkan.

“Kami juga akan menyosialisasikan dan menggerakkan seluruh lapisan masyarakat untuk melaksanakan penanaman pohon dalam upaya rehabilitasi hutan dan lahan,” kata Bambang.

_________________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *