BP2SDM Dukung Kinerja Eselon I KLHK Melalui Penyiapan SDM Yang Unggul Dan Kompeten

Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan memiliki pengetahuan luas memainkan peran krusial serta menjadi kekuatan utama dalam merancang, melaksanakan dan mengawasi praktik-praktik pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan secara lestari. Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) KLHK, senantiasa berperan aktif dalam mendukung Pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan khususnya mendorong kinerja dari masing-masing Eselon I yang ada di Kementerian LHK.

“BP2SDM mendukung dan memfasilitasi unit kerja Eselon I KLHK dalam menyiapkan dan mendukung kompetensi SDM Aparatur dan non aparatur” ujar Kepala BP2SDM, A. Palguna Ruteka dalam acara Refleksi Kinerja KLHK Tahun 2023 di Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Disampaikan pula bahwa pada tahun 2023 ini telah dilaksanakan peningkatan kapasitas penyuluh handal terhadap 1.000 orang dengan tujuan salah satunya untuk memastikan kelompok-kelompok yang memegang izin pengelolaan Perhutanan Sosial dapat menjalankan praktik-praktik usaha serta pengelolaan hutan berjalan sesuai dengan rencana, Pelatihan Pembentukan Polisi Kehutanan yang diikuti oleh 486 orang serta pelatihan terhadap Tenaga Teknis (Ganis) Pengujian Kayu Bulat, Ganis Perencanaan Hutan dan Ganis Perencana Wisata Alam yang kemudian dilaksanakan juga uji kompetensi terhadap Ganis Pemanfaatan HHBK untuk memastikan kompetensinya sudah memenuhi standar.

Selain itu, BP2SDM juga membentuk 118 unit Wanawiyata Widyakarya, 285 Unit KTH Mandiri dan peningkatan kapasitas penyuluh handal sebanyak 4.448 orang yang dapat mendorong peningkatan perekonomian KTH melalui peningkatan Nilai Transaksi Ekonomi KTH dari Rp0,455 Triliun di tahun 2022 menjadi Rp0,655 Triliun di Tahun 2023.

BP2SDM juga telah menyelenggarakan pelatihan terhadap 24.172 orang SDM untuk mendukung pelaksanaan tugas di seluruh Eselon I KLHK yang meliputi PPLH, Polhut Latsar, pelatihan vokasi dan lain sebagainya. serta meluluskan 1.883 orang siswa SMK Kehutanan Negeri yang merupakan sumber dari Penyuluh Kehutanan Terampil, Polhut Terampil dan tenaga fungsional terampil lainnya. Serta telah membina 3.719 orang generasi lingkungan dalam mendukung wirausaha kreatif di sektor LHK, meningkatkan kapasitas 760 unit Lembaga/komunitas peduli lingkungan dan pemberian apreasiasi kepada sekolah berbudaya LH sejumlah 1.371 unit sekolah.

Untuk memastikan kompetensi SDM LHK, BP2SDM memfasilitasi kegiatan uji kompetensi terhadap 3.913 jabatan fungsional di lingkup KLHK dan pemerintahan daerah (Penyuluh Kehutanan, PEH, PEDAL, PLH, PELHI, Polisi Kehutanan serta jabatan non aparatur meliputi Ganis pemanfaatan HHBK dan penguji/penyusun AMDAL).

Dalam kesempatan ini pula disampaikan bahwa terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam pengembangan SDM LHK, diantaranya: 1) Adanya kebutuhan pengembangan kompetensi ASN yang terintegrasi dan terus menerus sesuai amanat UU 20 Tahun 2023 tentang ASN; 2) Masih diperlukannya penguatan SDM dalam implementasi UUCK baik kualitas dan kuantitas seperti PPLH, PEDAL,Penyusun dan Penilai AMDAL dan lain sebagainya; 3) Implementasi manajemen talenta di Lingkungan Kementerian LHK yang masih terbatas; 4) Sebagian besar Kelompok Tani Hutan (90% dari total 21 ribu KTH) masih berada dalam kategori kelas pemulai dengan Nilai Transaksi Ekonomi yang rendah;  5) Penguatan portofolio lulusan SMK Kehutanan perlu ditingkatkan dan 6) Kebutuhan Pengembangan Generasi Lingkungan secara terus menerus dalam mendukung isu-isu lingkungan.

Tentu saja tantangan yang telah disebutkan  ini harus disusun strategi untuk  menghadapinya. Oleh karena itu, BPSDM telah menyusun beberapa rencana kedepan diantaranya: (1) Memaksimalkan pelatihan dengan metode Massive Open Online Courses (MOOC) untuk menjangkau target peserta pelatihan yang lebih luas dan berdampak pada efisiensi sumberdaya. Salah satu yang telah dilaksanakan pada tahun 2023 yaitu Pelatihan PUG sebanyak 8 batch; (2) Optimalisasi pemanfaatan assessment center untuk menerapkan manajemen talenta di lingkungan KLHK; (3) Kedepan siswa/siswi lulusan SMK Kehutanan Negeri yang telah lulus  akan diarahkan untuk magang/mengabdi di UPT lingkup KLHK untuk membuka peluang mereka memiliki pengalaman bekerja yang lebih atau bahkan membuka usaha di sekitar kawasan mereka magang; (4) Penguatan Kerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta pengembangan Bursa Kerja; (5) Peningkatan kapasitas serta pendampingan KTH dalam Kelola usaha sehingga dapat meningkatkan Nilai Transaksi Ekonomi KTH dan 6) Mengembangkan Pusat-Pusat Pelatihan Swadaya Masayrakat dalam mengembangkan usaha Kelompok Masyarakat.

Untuk diketahui bersama, kinerja BP2SDM senantiasa diunggah dan dibagikan secara aktif melalui media social. Tentunya  hal ini memberikan informasi terkini dan transparansi kepada masyarakat terkait berbagai kegiatan, program, dan prestasi yang telah dicapai dalam mendukung pengembangan sumber daya manusia LHK.

Dan sebagai rangkaian kegiatan di akhir tahun 2023 ini, BP2SDM melaksanakan penanaman pohon serentak sebagaimana amanah Presiden Joko Widodo dan Ibu Menteri LHK di Lokasi Kebun Benih Sampara Universitas Haluleo Sulawesi Tenggara, Kelapa BP2SDM beserta seluruh unsur  Pimpinan Tinggi Pratama BP2SDM, perwakilan UPT Balai Pelatihan LHK dan unsur pimpinan daerah setempat dan bersama masyarakat luas lainnya. Kegiatan ini juga sekaligus untuk membangkitkan semangat, motivasi dan menggerakkan seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk menanam dan memelihara pohon.(*) 
____

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *