Menteri LHK Dan USFS Chief Dialog Bersama Pejabat Fungsional Di Kalteng

Usai melakukan penandatanganan MoU di Jakarta, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya bersama Kepala/Chief Kehutanan, Departemen Pertanian Amerika Serikat (US Forest Service/USFS), Randy Moore pada Selasa (23/1/2024), melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Menteri Siti dan Chief Randy Moore melakukan dialog bersama para para pejabat fungsional Penyuluh Kehutanan dan Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kalteng. 

Hadir para pejabat fungsional Penyuluh/PEH antara lain dari UPT TN Sebangau, Balai KSDA Kalteng, Balai PHL, Balai PPI wil. Sumatera, Balai PHLHK wil. Sumatera, BPKH wil. XXI Palangkaraya, serta BPDAS Kahayan. 

Menteri Siti bersama para Pejabat Tinggi Madya yaitu Dirjen PSKL, PHL, PSLB3, KSDAE, PHLHK, Kepala BP2SDM, dan Kepala BRGM, pada pertemuan ini memberikan arahan kepada para fungsional pelaksana di lapangan.

Menteri Siti juga memanfaatkan pertemuan ini untuk menjaring saran masukan dari para fungsional untuk peningkatan kinerja di lapangan pada masa mendatang. Dirinya berharap, dalam waktu dekat, para tenaga fungsional lapangan, tidak hanya di Kalteng, namun juga di seluruh Indonesia dapat memperoleh peningkatan kapasitas sesuai yang dibutuhkan. 

“MoU KLHK dengan USDA Forest Service antara lain salah satunya adalah transfer knowledge untuk capacity building,” ungkap Menteri Siti kepada para Penyuluh/PEH yang hadir. 

Sebagai informasi, Penyuluh Kehutanan, Penyuluh Lingkungan Hidup, PEH juga Plohut dan Manggala Agni merupakan ujung tombak pelaksana program di tingkat tapak yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Peran penting mereka dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar kawasan hutan sangat diperlukan untuk menjaga kelestarian hutan. 

Sebelumnya di Surabaya (20/1/2024), Menteri Siti juga melakukan pertemuan serupa. Rencananya dalam waktu dekat, Menteri Siti juga akan melaksanakan dialog dengan para pejabat fungsional di Sumatera. Ini semua direncanakan Menteri Siti untuk meningkatkan kualitas SDM fungsional di lapangan.(*) 
_________________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel