background

Berita klhk

post image

KLHK Terima Penghargaan Pemantauan Keberlanjutan Inovasi Pelayanan Publik dan Bergabung sebagai Hub JIPP Tahun 2024


Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menerima penghargaan atas pencapaian dalam Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik (PKRI) pada tahun 2024, serta ditetapkan sebagai Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (Hub JIPP) tahun 2024. 

Penghargaan tersebut diterima dalam acara Gebyar Pelayanan Prima yang diadakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada Selasa 8 Oktober 2024 di Hotel Sherathon Gandaria City Jakarta. Acara Gebyar Pelayanan Prima mengambil tema “Wujudkan Ekosistem Pelayanan Publik Transformatif, Inovatif, dan Inklusif” yang merupakan wujud apresiasi atas peningkatan pelayanan publik di berbagai instansi pemerintah.

Inspektur Jenderal KLHK, Laksmi Wijayanti didampingi Kepala Biro Kepegawaian dan Organisasi, mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menerima penghargaan tersebut, ia menyampaikan apresiasinya atas penghargaan PKRI dan penetapan KLHK sebagai Hub JIPP.

 “KLHK sangat mengapresiasi penghargaan ini karena menjadi modal bagi upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan publik di masa depan. Penerimaan masyarakat dan mitra yang sangat baik membuka peluang untuk mempercepat dan memperluas transformasi, serta inovasi pelayanan publik KLHK. Penetapan sebagai Hub JIPP juga menunjukkan komitmen KLHK dalam menjalankan pelayanan publik yang terintegrasi, efisien, dan modern,” ujar Laksmi Wijayanti. 

KLHK menjadi salah satu dari lima Kementerian Penyelenggara Inovasi Terbaik dari kelompok Instansi Pembina. Keberhasilan ini diraih oleh KLHK setelah mendapatkan 9 (sembilan) Penghargaan selama 7 (tujuh) tahun berturut-turut sejak tahun 2017 sebagai TOP Inovasi Pelayanan Publik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diselenggarakan oleh KemenPANRB. 

Pada level internasional, KLHK juga berhasil mendapatkan penghargaan untuk inovasi pelayanan publik SIDIK (Sistem Infromasi Data Indeks Kerentanan) pada ajang bergengsi United Nations Public Service Awards (UNPSA) 2024. UNPSA sendiri diselenggarakan untuk memberikan pengakuan internasional atas keunggulan pelayanan publik dan inovasi yang mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Selain penghargaan tersebut, KLHK juga terpilih dan ditetapkan sebagai Hub Jaringan Inovasi Pelayanan Publik (Hub JIPP) tahun 2024. Penunjukan ini diberikan oleh Kementerian PANRB berdasarkan komitmen kuat KLHK dalam pelayanan publik dan penciptaan inovasi yang relevan. Kedepannya melalui penetapan KLHK sebagai Hub JIPP, diharapkan inovasi dan sinergi antar instansi pemerintah terkait pengembangan inovasi pelayanan publik semakin meningkat.

Sejalan dengan itu, penghargaan dan penetapan KLHK sebagai Hub JIPP 2024 ini menjadi bukti nyata komitmen dan dedikasi KLHK dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Dengan peran barunya sebagai Hub JIPP, KLHK siap menjadi katalisator dalam mempercepat penyebaran praktik terbaik dan inovasi pelayanan publik di seluruh instansi pemerintah, demi terwujudnya ekosistem pelayanan publik yang transformatif, inovatif, dan inklusif di Indonesia. (*)

___________

Jakarta, KLHK, 8 Oktober 2024


Website:

www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel
Pengaduan
PENGADUAN