background

Fokus bsi

post image

Seru! ITTO PD 712/13 Ajak Pengunjung Mengenal Konsep Kelola Lanskap Cagar Biosfer di PeSTA BSILHK 2024

[BSILHK]. Project Management Unit ITTO PD 712/13 Rev.3 (F) yang berjudul berpartisipasi dalam acara Pekan Standar Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PeSTA) yang diadakan oleh Badan Standardisasi Instrumen Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Rentang waktu kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 10 -12 September 2024, pengunjung yang hadir dan berkunjung ke booth ITTO PD 712/13 diajak mengenal konsep kelola, penjelasan umum mengenai latar belakang penetapan status, potensi dan nilai keunikan serta standarisasi kegiatan pengelolaan masing-masing Cagar Biosfer yang berada di Indonesia khususnya Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu. 

Hal ini dilakukan oleh Project Management Unit ITTO PD 712/13 Rev.3 (F) untuk ikut mendiseminasikan konsep dan standardisasi kegiatan pengelolaan hutan dan mendukung tujuan Pembangunan berkelanjutan (SDGs). Sejalan dengan tema PeSTA tahun 2024, yaitu “Standardisasi LHK Menjaga Keberlanjutan Sumber Daya Alam”. 

Setiap harinya, pengunjung diajak mengikuti aktivitas seru untuk mengenal konsep kelola Cagar Biosfer. Pada kegiatan pameran PeSTA BSILHK selama 3 (tiga) hari kali ini, pengunjung bisa mengikuti kuis undian berhadiah setelah menjawab beberapa pertanyaan dari paparan yang dijelaskan sebelumnya oleh Tim Booth pameran ITTO. Pada booth ITTO PD 712/13 juga menyajikan produk – produk laporan hasil kegiatan proyek dalam rangka memberikan dukungan implementasi pengelolaan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang dihasilkan oleh Masyarakat sekitar lanskap Cagar Biosfer. 

Setiap harinya, pengunjung yang berasal dari masyarakat umum, siswa/pelajar, mahasiswa, kalangan pemerintah, sampai pihak pengusaha/swasta diajak mengikuti aktivitas seru untuk mengenal konsep kelola Cagar Biosfer. Pada kegiatan pameran PeSTA BSILHK selama 3 (tiga) hari kali ini, pengunjung bisa mengikuti kuis undian berhadiah setelah menjawab beberapa pertanyaan dari paparan yang dijelaskan sebelumnya oleh Tim Booth pameran ITTO. Pada booth ITTO PD 712/13 juga menyajikan produk – produk laporan hasil kegiatan proyek dalam rangka memberikan dukungan implementasi pengelolaan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu dan hasil hutan bukan kayu (HHBK) yang dihasilkan oleh Masyarakat sekitar lanskap Cagar Biosfer. 

Produk Cagar Biosfer GSK BB bernilai ekonomis yang dipamerkan antara lain tas dan ranjang anyaman terbuat dari serat pandan dan rotan hutan, madu murni lebah madu (apis melifera) yang langsung didatangkan dari Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau. Tak Cuma itu, Tim pameran ITTO juga menyiapkan camilan coklat untuk para pengunjung yang berkenan mengunjungi booth baik individu maupun berkelompok. 

Beberapa pengunjung juga tertarik membeli dan membawa pulang beberapa produk Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit Batu, yaitu madu murni lebah madu Apis melifera yang terbuat dari nektar bunga tanaman ekaliptus (Eucalyptus pellita) dan akasia (Acacia crassicarpa).


Tak cuma mengajak pengunjung menyadari pentingnya mengenal konsep kelola penetapan status Cagar Biosfer di Indonesia, Tim PMU ITTO PD 712/13 juga memberi contoh upaya proyek dalam hal standarisasi pengelolaan dan pemantauan dampak dari usaha/kegiatan pengelolaan Cagar Biosfer yang dapat dilihat langsung dari display poster booth ITTO di PeSTA 2024. ITTO PD 712/13. Display poster tersebut menampilkan informasi mengenai Standar Pengelolaan dan Pemantauan Dampak dari Kegiatan Pengelolaan Lanskap Cagar Biosfer di Indonesia. Standarisasi kegiatan disusun berdasarkan konsep zonasi area pengelolaan yang terdiri dari area inti (core area), area penyangga (buffer area), dan area transisi (transition area). Usaha dan/atau kegiatan Cagar Biosfer yang dikelola dan dipantau berjumlah 8 usaha/kegiatan. Sedangkan dampak usaha/kegiatan yang dikelola dan dipantau berjumlah 15 dampak.

Lebih lanjut, Tim Pameran ITTO menjelaskan kepada seluruh para pengunjung booth ITTO yang berjumlah 175 orang bahwa projek turut serta dalam mendukung aksi percepatan implementasi pengelolaan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu. Untuk menjawab salah satu masalah dan tantangan utama implementasi pengelolaan, projek telah mengupayakan langkah-langkah strategis untuk mendorong adanya entitas mesin penggerak yang memimpin aksi konservasi para pihak stakeholders pada lanskap Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu melalui inisiasi perubahan struktur Badan Koordinasi Pengelolaan Cagar Biosfer yang di pimpin oleh Gubernur menjadi Tim Satuan Tugas Koordinasi Pengelolaan Cagar Biosfer yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah.

Ke depan, Tim projek ITTO terus melanjutkan upaya percepatan aksi pengelolaan lanskap Cagar Biosfer Giam Siak Kecil – Bukit Batu. Dalam waktu dekat, proyek ini akan melakukan: 1) aktivitas pembaharuan data spasial lanskap Cagar Biosfer untuk memetakan para pihak stakeholders terbaru, 2) meningkatkan literasi, pemahaman dan potensi manfaat penetapan status Cagar Biosfer kepada generasi muda, 3) melatih para petani sebagai upaya peningkatan pendapatan dan keterampilan melalui budidaya dan pemasaran produk madu murni lebah (Apis melifera).


Penulis : Abiyyu Muhammad Haris

Editor : Yayuk Siswiyanti



Bagikan Berita / Artikel
Pengaduan
PENGADUAN