Hadiri Perayaan Natal KLHK 2023, Menteri LHK: Internalisasikan Rasa Cinta Kasih Kepada Alam Dan Lingkungan

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menghadiri Perayaan Natal Keluarga Besar KLHK Tahun 2023 di Jakarta, Jumat (12/1). Pada kesempatan tersebut, Menteri Siti didampingi Wakil Menteri LHK Alue Dohong turut berbagi sukacita bersama para pegawai KLHK yang merayakan Natal.

Dalam sambutannya, Menteri Siti menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran KLHK, bahwa aktualisasi kerukunan hidup beragama berlangsung dengan sangat baik dan produktif dalam lingkup KLHK.

Dalam aktualisasi kerja untuk lingkup KLHK, Menteri Siti menegaskan tidak ada keraguan sama sekali soal kerukunan beragama. Kerja bersama pun telah dirintis dalam berbagai event penting.

“Hal tersebut juga menegaskan sikap dan tindakan, dengan persepsi dan keyakinan bahwa semua agama memberikan amanat dari Tuhan untuk tidak merusak alam, untuk menyayangi makhluk hidup, termasuk wildlife,” ujarnya.

Menteri Siti mengungkapkan tantangannya sekarang adalah untuk bahu-membahu mengupayakan, untuk terjadi pelembagaan atau internalisasi, dengan dasar amanat perintah agama melalui ayat-ayat suci yang diturunkan, yaitu perintah kepada manusia untuk cinta alam, cinta lingkungan; sayangi, pelihara dan perbaiki kerusakan lingkungan dan alam.

“Disinilah sekarang kita bekerja keras untuk bersama-sama dari agama apa saja bergerak, bekerja melakukan penanaman pohon bersama, dan membersihkan sampah bersama secara serentak, serta kerja-kerja pemulihan dari kerusakan lingkungan,” katanya.

Tema Natal tahun 2023 yaitu Terpujilah Allahku, Lestari Alamku, Damai Sejahtera Bumiku. Tema ini diharapkan dapat menjadi nyata dan dirasakan oleh semua umat, serta makin mempererat persaudaraan antar sesama walaupun berbeda suku, agama dan ras, tetapi semua sama sebagai makhluk ciptaan.

“Mari bersama kita bekerja melembagakan atau internalisasi dalam diri setiap insan manusia Indonesia akan rasa cinta kasih kepada alam dan lingkungan serta seisinya,” 

Selamat hari Natal dan Tahun Baru kepada seluruh umat Kristiani dalam lingkup KLHK dan para Mitra yang selama ini telah bekerja bersama-sama dan saling mendukung dalam kolaborasi bersama KLHK.

Turut hadir pada Perayaan Natal Keluarga Besar KLHK Tahun 2023 yaitu Ketua Pembina Umat Kristiani KLHK sekaligus Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3; Direktur Jenderal Pengelolaan Hutan Lestari (PHL), Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Staf Ahli Menteri LHK, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama KLHK, dan tamu undangan.
_________________

Website:
www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel