Gakkum LHK Peringati HUT Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) Ke-17 Di Maros Provinsi Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum LHK) menggelar Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Satuan Polhut Reaksi Cepat (SPORC) di Lapangan Waterpark Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu (4/1/2023).

Tema peringatan HUT ke-17 SPORC Tahun 2023 adalah SPORC TANGGUH HUTAN LESTARI. Tema ini merupakan komitmen dan harapan terhadap tugas dan fungsi SPORC dalam perannya melindungi, menjaga dan mengamankan kelestarian sumber daya alam Indonesia.

Dirjen Gakkum LHK Rasio Ridho Sani, menegaskan pentingnya peran SPORC tersebut. Maka diperlukan kesadaran untuk terus meningkatkan kapasitas dirinya terutama dalam kegiatan pengamanan hutan. Hal ini juga diperlukan untuk mendukung berbagai program KLHK khususnya “Indonesia’s Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030.

“Selain itu, peningkatan dan penyempurnaan SPORC harus terus dilakukan. Pemanfaatan sarana dan prasarana pendukung yang telah ada secara maksimal dan peningkatan kapasitas kesatuan SPORC diseluruh Indonesia menjadi kunci penting yang akan membawa SPORC ke masa kejayaan yang lebih baik. Selanjutnya saya sampaikan DIRGAHAYU SPORC, Selamat Ulang Tahun yang ke-17. SPORC TANGGUH HUTAN LESTARI,” kata Rasio saat bertindak sebagai Inspektur Upacara pada HUT ke-17 SPORC Tahun 2023.

Pada upacara puncak peringatan HUT SPORC ke-17, Ditjen Gakkum LHK memberikan penghargaan terhadap Walikota Makassar, Wakil Bupati Maros, Dirreskrimsus Polda Sulawesi Selatan atas jasa dan peran aktif dalam mendukung pengamanan dan penegakan hukum lingkungan hidup dan Kehutanan di Wilayah Sulawesi Selatan, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Gakkum LHK, Rasio Ridho Sani.

“Saya mewakili seluruh jajaran Ditjen Gakkum LHK mengucapkan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas peran Bapak Dani Pomanto, Ibu Suhartina dan Bapak Kombes Pol Helmi dalam sinergitas dan peran aktif dalam mendukung pengamanan dan penegakan hukum bidang lingkungan hidup dan kehutanan untuk mewujudkan lingkungan hidup yang baik dan kelestarian hutan, khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan,” pungkas Rasio.

Rangkaian HUT ke-17 SPORC Tahun 2023 ini dimulai dengan kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Regional Sulawesi Selatan dan Sosialisasi Peraturan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yang digelar pada Selasa, (3/1/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Makassar, Direktur Jenderal Gakkum LHK beserta para Direktur dan Sekretaris Ditjen Gakkum LHK, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Selatan, Kepala Balai Gakkum LHK Wilayah Sulawesi dan Perwakilan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan. Pelaksanaan Rakor dimaksudkan untuk meningkatkan sinergitas dalam upaya pengamanan dan penegakan hukum bidang LHK di Regional Sulawesi.

________

Sumber Berita :
www.menlhk.go.id
www.ppid.menlhk.go.id

http://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/6985/gakkum-lhk-peringati-hut-satuan-polhut-reaksi-cepat-sporc-ke-17-di-maros-provinsi-sulawesi-selatan

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *