KLHK Berikan Penghargaan Adiwiyata 2023 Untuk 551 Sekolah

KLHK memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (17/10). Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan langsung penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 134 sekolah dan Adiwiyata Nasional kepada 417 sekolah.

Penerima penghargaan Adiwiyata dinilai telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah. Dalam pelaksanaannya, mereka juga melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

“Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya, juga pada daerah setempat sehingga bisa didapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat,” kata Menteri Siti.

Lebih lanjut, Menteri Siti mengatakan GPBLHS juga dapat memberi kontribusi mulai dari penghematan energi, pengurangan dan pemilahan sampah di sekolah, yang diharapkan akan meluas ke rumah/keluarga masing-masing dan sekitarnya. Kontribusi lainnya yaitu dengan penanaman pohon dan mengelola limbah di sekolah, serta rain water harvesting (pemanenan air hujan) yang merupakan bagian dari konservasi air.

“Arahan Yth Bapak Presiden Joko Widodo agar kita semua juga untuk terus melakukan rehabilitasi hutan dan lahan, untuk tujuan dapat mengurangi dampak dari bencana alam dan perubahan iklim,” ujar Menteri Siti.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Praptono menyatakan Penghargaan Adiwiyata ini sejalan dengan kebijakan Kemendikbudristek melalui Kurikulum Merdeka yang bercirikan sederhana, fleksibel dan kontekstual.

Kurikulum Merdeka juga mendorong transformasi satuan pendidikan. Salah satu langkahnya yaitu bahwa menjadi tanggung jawab seluruh insan pendidikan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman, menyenangkan, dan inklusif.

“Inilah sejatinya yang menjadi roh anugerah Adiwiyata, sehingga apa yang dilakukan KLHK sangat mendukung upaya kebijakan Kemendikbudristek,” katanya.

Dalam laporannya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK Ade Palguna Ruteka menyampaikan jumlah sekolah yang mendapatkan penghargaan tahun ini mengalami peningkatan dari tahun lalu. Sekolah Adiwiyata Nasional meningkat sekitar 36,7 % dan Sekolah Adiwiyata Mandiri naik 42,5 %.

Sebagai rangkaian kegiatan, pada tanggal 16 Oktober dilaksanakan talkshow dengan tema “Peranan Para Pihak dalam Mendukung Pengembangan GPBLHS”. Selain itu, pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2023 diselenggarakan pameran dengan peserta sekolah dan mitra, serta coaching clinic untuk mendukung Perilaku Ramah Lingkungan dan bazaar Dharma Wanita BP2SDM.

“Untuk itu kepada semua pihak yang telah bekerjasama sehingga berlangsungnya rangkaian kegiatan Adiwiyata 2023 ini, diucapkan banyak terima kasih,” ungkap Ade.

____________________

Website:

www.ppid.menlhk.go.id

Bagikan Berita / Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *